Web dan Perilaku Pengguna/Interaksi Manusia Komputer
Web dan Perilaku Pengguna/Interaksi Manusia Komputer
PENDAHULUAN
A. Web Dan Perilaku Pengguna / Interaksi Manusia Komputer
1. Perilaku Navigasi
• Para pemakai interface website tidak mengetahui daerah atau dalam hal ini lembaran-lembaran pada situs.
• Struktur lokasi tidak dapat ditemukan.
b) Pemakai interface situs seharusnya diberikan suatu pemahaman dari struktur yang menyangkut dari suatu ruang dari informasi tersebut. Maka sebaiknya disiapkan:
• Tabel Index (Peta Lokasi)
• Index
• Navigasi
• Fasilitas Pencarian (Search)
2. Perilaku Pencarian (Search)
B. Web dan Perilaku Sosial
1. Web merefleksikan perilaku sosial
b) Dapat berkomunikasi dengan baik tidak peduli jarak dan waktu sehingga membuat manusia saling berinteraksi dengan mudah.
c) Mudah mencari informasi serta berbelanja online pun dapat dilakukan
Dampak Negatifnya adalah :
a) Munculnya banyak penipu yang memanfaatkan internet.
b) Adanya plagiatisme.
c) Munculnya pencurian/hack.
d) Munculnya banyak konyen-konten dewasa yang seharusnya tidak dilihat anak kecil dapat merusak mental.
e) Bahaya kesehatan akibat radiasi yang ditimbulkan oleh komputer itu sendiri.
C. Struktur Web
1. Link Structure, Small World
D. Analisis Web
1. Pengukuran Web (ukuran, unjuk kerja)
• Hyperlink yang ditemui pada konten akan ditambahkan pada daftar visit, disebut juga dengan istilah frontier.
• Melakukan proses kunjungan/visit secara rekursif.
Berikut ini adalah contoh-contoh dari Crawler:
a) Teleport Pro
c) Googlebot
d) Yahoo!Slurp
e) YaCy
– Google
– MSN
– Wikipedia
4. Web archiving
• Archive.is
• Archive-It
• Archivethe.net
• Iterasi
c) Database archiving
d) Transactional archiving
E. Ekonomi Web
1. Iklan
Iklan merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan barangan, perkhidmatan, peluang pekerjaan, inspirasi dan maklumat kepada yang ingin disampaikan.
IKLAN TERHADAP PENGARUH EKONOMI :
• Iklan sebagai transaksi atau peristiwa yang ekonomi yang mampu mempengaruhi kehidupan ekonomi masyarakat.
• Iklan sebagai kegiatan jual beli (untuk menyampaikan pesan, pengiklan harus membayar media yang dipilih).
• Memberi keuntungan kepada agen iklan.
• Membuka lapangan kerja.
• Iklan menjaadi salah satu bidang bisnis yang menjanjikan.
• Industri periklanan menjadi salah satu pilihan kerja yang menjanjikan.
• Seiring dicanangkannya industri kreatif, iklan menjadi salah satu profesi bergengsi.
• Saat krisis ekonomi 1998, industri periklanan merupakan satu-satunya industri yang cepat keluar dari keterpurukan.
• Meningkatkan pemasaran produk.
2. Pencarian
Pencarian pada ekonomi web pada umunya adalah melalui penjualan online. Penjualan online adalah melakukan aktifitas penjualan dari mencari calon pembeli sampai menawarkan produk atau barang dengan memanfaatkan jaringan internet yang didukung dengan seperangkat alat elektronik sebagai penghubung dengan jaringan internet.
Pengaruhnya:
Kehadiran e-commerce yang terus berkembang lambat laun akan merubah kebiasaan bertransaksi sebagian masyarakat kita. Para produsen maupun konsumen akan terbiasa menjual maupun membeli produk dan jasa secara online ketimbang melangkahkan kaki ke outlet penjualan. Ruang dan waktu bukan lagi menjadi kendala. Sebuah perusahaan di Indonesia memiliki kesempatan yang sama dengan kalangan bisnis asing untuk menjalin kerjasama atau ingin mengakses pasar mancanegara.
Seseorang lebih mudah untuk mengembangkan usahanya seperti dengan menjual barang dan jasa via online. Banyak sekali situs yang menyediakan jual beli online. Salah satu yang terbesar adalah TokoBagus(dot)com. Dengan adanya Internet pula kita tidak perlu repot pergi untuk membeli barang yang kita butuhkan. Tinggal pesan saja melalui transaksi ataupun dengan cash.
Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi. Di masa depan, dampak perkembangan teknologi di dunia industri akan semakin penting. Tanda-tanda telah menunjukkan bahwa akan segera muncul teknologi bisnis yang memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera individu dapat dipenuhi.
3. Online Auctions
Online auction adalah mekanisme pasar dimana penjual menawarkan produk dan pembeli melakukan penawaran secara berurutan secara kompetitif hingga harga terakhir dicapai. Online auction menerapkan konsep dynamic pricing, yaitu harga yang berubah berdasarkan pada hubungan penawaran dan permintaan pada waktu tertentu.
Ada empat kategori utama dynamic pricing yaitu:
• Satu pembeli, satu penjual
• Satu penjual, banyak pembeli potensial
• Satu pembeli, banyak penjual potensial
• Banyak penjual, banyak pembeli
Manfaat dari Online Auction dibagi jadi 3 bagian, yaitu :
a. Manfaat Bagi Penjual :
• Meningkatkan pendapatan dengan memperluas pasar dan mempersingkat waktu
• Menetapkan harga optimal yang ditentukan oleh pasar
• Meningkatkan hubungan dan loyalitas pelanggan
b. Manfaat Bagi Pembeli :
• Kesempatan untuk menemukan barang unik
• Hiburan bagi pembeli
• Pembeli bisar menawar dari manapun, bahkan dengan telepon selular
c. Manfaat bagi Auctioner :
• Pembelian yang lebih tinggi.
• Pembeli cenderung untuk berkunjung lebih lama dan kembali lebih sering.
• Ekspansi bisnis lelang.
Kesimpulan
Dari penjelasan di atas kita dapat menyimpulkan bahwasan nya web itu sangatlah berarti untuk kita di zaman ini karena dengan adanya web kita dapat meng akses suatu jaringan dengan mudah.
Daftar Pustaka
https://3jihaderajad.wordpress.com/2016/04/29/web-dan-prilaku-penggunainteraksi-manusia-komputer/
https://zakyafdika.wordpress.com/2014/06/15/web-science-3/
http://antaandreas53.blogspot.co.id/2014/06/analisis-web-dan-ekonomi-web-tugas.html
http://adydiyuka25.blogdetik.com/2013/06/16/web-dan-perilaku-sosial/
https://kharismaabi.wordpress.com/2014/06/23/web-dan-perilaku-pengguna-interaksi-manusia-komputer/
PENDAHULUAN
Interaksi manusia dan komputer adalah disiplin ilmu yang mempelajari
hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan
implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia.
Sedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses,
dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan
komputer secara interaktif untuk melaksanakan dan menyelesaikan tugas yang
diinginkan.
IMK atau interaksi manusia dan komputer adalah suatu ilmu yang sangat
berkaitan dengan disain implementasi dan evaluasi dari sistem komputasi iyang
interaktif untuk digunakan oleh manusia dan studi tentang ruang lingkupnya,ada
interaksi antara satu atau lebih manusia dan satu atau lebih komputasi mesin. Agar komputer dapat
diterima secara luas dan digunakan secara efektif, maka perlu dirancang secara
baik.
Hal ini tidak berarti bahwa semua sistem harus dirancang agar dapat
mengakomodasi semua orang, namun komputer perlu dirancang agar memenuhi dan
mempunyai kemampuan sesuai dengan kebutuhan pengguna secara spesifik.
Pada tahun 1970 mulai dikenal istilah antarmuka pengguna (user interface),
yang juga dikenal dengan istilah Man-Machine Interface (MMI),
dan mulai menjadi topik perhatian bagi peneliti dan perancang sistem.
Perusahaan komputer mulai memikirkan aspek fisik dari antarmuka pengguna
sebagai faktor penentu keberhasilan dalam pemasaran produknya.
Istilah human-computer interaction (HCI) mulai muncul
pertengahan tahun 1980-an sebagai bidang studi yang baru. Istilah HCI
mengisyaratkan bahwa bidang studi ini mempunyai fokus yang lebih luas, tidak
hanya sekedar perancangan antarmuka secara fisik.
HCI didefinisikan sebagai disiplin ilmu yang berhubungan dengan
perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem komputer interaktif untuk
digunakan oleh manusia dan studi tentang fenomena di sekitarnya. HCI pada
prinsipnya membuat agar sistem dapat berdialog dengan penggunanya seramah
mungkin (user friendly). Tidak hanya perancangan layout layar monitor. Dari
sudut pandang pengguna merupakan keseluruhan sistem sehingga Useful,
Usable, Used.
Useful:
fungsional, dapat mengerjakan sesuatu
Usable: Dapat
mengerjakan sesuatu dengan mudah, mengerjakan sesuatu yang benar (does the
right things)
Used: Terlihat
baik, tersedia dan diterima/digunakan oleh organisasi
A. Web Dan Perilaku Pengguna / Interaksi Manusia Komputer
1. Perilaku Navigasi
Pada
suatu situs (jual beli khususnya) penggunaan navigasi yang baik sangat penting
untuk dilakukan bagi para pembuat online. Para pembuat situs website tersebut
harus bisa membuat suatu navigasi agar pengunjung situs tersebut tidak bosan
dengan melihatnya. Ada dua tipe navigasi. Yang pertama adalah yang standar,
yang memberikan overview dan peta penjelajahan situs. Biasanya bisa ditemukan
secara konsisten baik di bagian atas, samping atau footer.
Yang
kedua adalah navigasi versi advance. Jenis ini masih bertujuan memberikan alat
untuk menelusuri situs, namun dengan cara lebih spesifik. Misal lewat kategori,
pengarang, produsen, range harga, dan lain lain. Navigasi semacam ini
sebenarnya mirip dengan fitur search namun sudah diberi antar muka yang lebih
intuitif. Alih-alih model kotak isian teks kosong, calon pembeli diberi
beberapa nilai default yang bisa dipakai lewat link yang disediakan. Lebih
keren lagi, calon pembeli bisa melakukan penelusuran bertingkat, misalnya:
kategori buku, di-drilldown dengan topik “IT dan Marketing”, di-tune lagi pada
level berikutnya dengan range harga 100 ribu sampai 400 ribu, lalu difinalisasi
dengan “reviewed by NavinoT”. Calon pembeli pun akan sampai pada apa yang
benar-benar dia cari.
a) Permasalah dalam kaitan dengan:• Para pemakai interface website tidak mengetahui daerah atau dalam hal ini lembaran-lembaran pada situs.
• Struktur lokasi tidak dapat ditemukan.
b) Pemakai interface situs seharusnya diberikan suatu pemahaman dari struktur yang menyangkut dari suatu ruang dari informasi tersebut. Maka sebaiknya disiapkan:
• Tabel Index (Peta Lokasi)
• Index
• Navigasi
• Fasilitas Pencarian (Search)
2. Perilaku Pencarian (Search)
Fitur pencarian internal tentunya telah
di desain dengan batasan tertentu. Ketika situs Anda tumbuh tentunya Anda akan
semakin tahu pola pemakaian oleh pengguna. Termasuk di dalamnya adalah pola
pencarian dalam rangka mendapatkan pengalaman terbaik dalam pemanfaatan situs.
3. Rekomendasi
Rekomendasi
adalah memberitahukan kepada seseorang atau lebih bahwa sesuatu yang dapat
dipercaya, dapat juga merekomendasikan diartikan sebagai menyarankan, mengajak
untuk bergabung, menganjurkan suatu bentuk perintah. Dalam Kamus Besar
Bahasa Indonesia Rekomendasi Diartikan sebagai berikut :
Rekomendasi
artinya adalah saran yg menganjurkan (membenarkan, menguatkan) dan merekomendasi
artinya memberikan rekomendasi; menasihatkan; menganjurkan.
B. Web dan Perilaku Sosial
1. Web merefleksikan perilaku sosial
Web pun dapat merefleksikan perilaki
sosial masyarakatnya, dengan adanya alat pengukur banyaknya orang/ IP address
yang mengakses web tersebut dapat menunjukkan bahwa web tersebut menarik
perhatian masyarakat dan pastinya akan mempengaruhi sikap sosial seaeoramg
contohnya seseorang yang sering mengakaksea situs belanja online akan mempunyai
gaya hidup yang boros karena tergiur oleh harga yang lebih murah daripada
conter ataupun diskon-diskon yang ada.
2. Web mempengaruhi perilaku sosial
Web sebagai salah satu
bentuk teknologi dan informasi yang sangat populer di masyarakat menjadi salah
satu pemicu yang mempengaruhi perilaku sosial masyarakat. ada dua dampak yang
dimbulkan yaitu dampak positif dan dampak negatif.
Dampak Postifnya adalah :
a) Lebih cepat dan mudah dalam meyelesaikan pekerjaan dalam hal ini berarti membantu pekerjaan manusia.b) Dapat berkomunikasi dengan baik tidak peduli jarak dan waktu sehingga membuat manusia saling berinteraksi dengan mudah.
c) Mudah mencari informasi serta berbelanja online pun dapat dilakukan
Dampak Negatifnya adalah :
a) Munculnya banyak penipu yang memanfaatkan internet.
b) Adanya plagiatisme.
c) Munculnya pencurian/hack.
d) Munculnya banyak konyen-konten dewasa yang seharusnya tidak dilihat anak kecil dapat merusak mental.
e) Bahaya kesehatan akibat radiasi yang ditimbulkan oleh komputer itu sendiri.
C. Struktur Web
1. Link Structure, Small World
Sebuah jaringan kecil
dunia adalah jenis grafik matematika di mana sebagian besar node tidak tetangga
satu sama lain, tetapi kebanyakan node dapat dicapai dari setiap lain oleh
sejumlah kecil hop atau langkah-langkah. Secara khusus, jaringan-dunia kecil
didefinisikan sebagai jaringan di mana L jarak khas antara dua node yang
dipilih secara acak (jumlah langkah yang diperlukan) tumbuh secara proporsional
dengan logaritma dari jumlah node N dalam jaringan.
Dalam konteks jaringan
sosial, hasil ini dalam fenomena dunia kecil dari orang asing yang dihubungkan
oleh saling kenalan. Banyak grafik empiris dengan baik dimodelkan oleh jaringan
kecil dunia. Jaringan sosial , konektivitas dari internet , wiki seperti
Wikipedia, dan jaringan gen semua karakteristik jaringan-dunia kecil pameran.
2. Social Networ Sites
Merupakan sebutan lain terhadap website
community. Social Network Sites adalah tempat untuk para netter berkolaborasi
dengan netter lainnya. Bentuk kolaborasi antara lain adalah saling bertukar
pendapat/komentar, mencari teman, saling mengirim email, saling memberi
penilaian, saling bertukar file dan yang lainnya. Intinya dari situs social
networking adalah interaktifitas. Contoh dari social networking yang sering
digunakan: Facebook, Friendster, MySpace, Twitter, dll.
3. Blogosphere
Merupakan suatu interkoneksi
/ interaksi antar blog yangg tergabung dalam sebuah domain dan domain
tersebut tergabung dalam lingkup jaringan / internet, contohnya, Technorati,
Top of Blogs, Blog Top site, blogspot termasuk juga dengan blog directory,
sebuah blogosphere biasanya diklasifikasikan menurut jenis postingan, ada
berupa blog berita, blog hoby , blog forum, blog komunitas, blog iformasi dll.
Istilah Blogosphere muncul pada tahun 1999 dan mulai populer tahun 2002,
walaupun lahir dari sebuah lelucon keberadaan Blogosphere kini menjadi sebuah
ikon bagi blogger, banyak blogger yang menganggap belum lengkap bila seorang
blogger belum tergabung ke dalam komunitas Blogosphere hingga jadi ikon
eksistensinya dalam dunia blogging.
Manfaat Blogosphere ini
tak lepas kaitannya dari SEO ( Search Engine Optimization ), layaknya sebuah
komunitas keberadaan Blogosphere memberikan jalinan komunikasi antar blogger,
membuat akses posting yg popular dan menjadi sebuah trend, atau
mengupdate suatu bahasa dan kosakata untuk sebuah komunitas blog sehingga
menjadi kepopuleran tersendiri.
D. Analisis Web
1. Pengukuran Web (ukuran, unjuk kerja)
Salah satu teknik
mengukur dan menguji suatu kinerja web adalah dengan mengukur pengalaman
seseorang atau user experience pengunjung situs yang berinteraksi dengan
halaman-halaman web yang berada di internet (Keynote System, Inc 2010).
Tools-tools
pengukur analisis web :
a) SEO (Search Engine Optimization)
Merupakan mengoptimalkan sebuah blog/web
dengan memanfaatkan mesin pencari dan mendapatkan peringkat yang tinggi di
halaman pertama mesin pencari dengan menggunakan keyword agar dibanjiri
pengunjung yang datang dari search engine.
b) GTmetrix
Merupakan sebuah situs dimana kita dapat
mengetahui berbagai hal yang membuat blog/web kita lambat dan performa blog/web
ketika akses, tersedia secara gratis dengan mengunakan yahoo Yslow dan Google
page speed sebagai mesin penganalisa dan menampilkan hasil juga rekomendasi
yang harus dilakukan.
2. Crawlers
Crawler adalah sebuah
program/script otomatis yang memproses halaman web. Sering juga disebut dengan
web spider atau web robot. Ide dasarnya sederhana dan mirip dengan saat anda
menjelajahi halaman website secara manual dengan menggunakan browser. Bermula
pada point awal berupa sebuah link alamat website dan dibuka pada browser, lalu
browser melakukan request dan men-download data dari web server melalui
protokol HTTP.
Kesimpulannya,
dua fungsi utama web crawler adalah:
• Mengidentifikasikan Hyperlink.• Hyperlink yang ditemui pada konten akan ditambahkan pada daftar visit, disebut juga dengan istilah frontier.
• Melakukan proses kunjungan/visit secara rekursif.
Berikut ini adalah contoh-contoh dari Crawler:
a) Teleport Pro
Sumber gambar: https://www.softexia.com/windows/web-browsers/teleport
Salah
satu software web crawler untuk keperluan offline browsing. Software ini sudah
cukup lama popular, terutama pada saat koneksi internet tidak semudah dan
secepat sekarang. Software ini berbayar dan beralamatkan di http://www.tenmax.com.
b) HTTrack
Sumber gambar: https://www.httrack.com/page/21/en/index.html
Ditulis dengan menggunakan C, seperti
juga Teleport Pro, HTTrack merupakan software yang dapat mendownload konten
website menjadi sebuah mirror pada harddisk anda, agar dapat dilihat secara
offline. Yang menarik software ini free dan dapat di download pada website
resminya di http://www.httrack.com
c) Googlebot
Sumber gambar: https://blog.seoprofiler.com/googlebot-index-web-pages-steps/
Merupakan web crawler untuk membangun
index pencarian yang digunakan oleh search engine Google. Kalau website anda
ditemukan orang melalui Google, bisa jadi itu merupakan jasa dari Googlebot.
Walau konsekuensinya, sebagian bandwidth anda akan tersita karena proses
crawling ini.
d) Yahoo!Slurp
Sumber gambar: https://www.keycdn.com/blog/web-crawlers/
Kalau Googlebot adalah web crawler
andalan Google, maka search engine Yahoo mengandalkan Yahoo!Slurp. Teknologinya
dikembangkan oleh Inktomi Corporation yang diakuisisi oleh Yahoo!.
e) YaCy
Sumber gambar: https://ia.wikipedia.org/wiki/YaCy
Sedikit berbeda dengan web crawler
lainnya di atas, YaCy dibangun atas prinsip jaringan P2P (peer-to-peer), di
develop dengan menggunakan java, dan didistribusikan pada beberapa ratus mesin
computer (disebut YaCy peers). Tiap-tiap peer di share dengan prinsip P2P untuk
berbagi index, sehingga tidak memerlukan server central.
3. Search engines
Sumber gambar: http://vip-effect.com/search-engine.php
Search engine adalah
istilah atau penyebutan bagi website yang berfungsi sebagai mesin pencari,
mesin pencari ini akan menampilkan informasi berdasarkan permintaan dari user
pencari konten, konten yang ditampilkan adalah konten yang memang sudah
terindex dan tersimpan di database server search engine-nya itu sendiri.
Contoh-contoh
Search Engine :
– Yahoo– MSN
– Wikipedia
4. Web archiving
Web Archiving adalah
proses mengumpulkan bagian dari WWW dan memastikan koleksi tersebut diawetkan
dalam suatu arsip, misalnya situs arsip, untuk diakses peneliti, sejarawan, dan
masyarakat umum pada masa datang. Besarnya ukuran Web membuat arsiparis web
umumnya menggunakan web crawlers untuk pengumpulan secara otomatis. Organisasi
pengarsip web terbesar yang menggunakan ancangan perangkak web ini adalah
Internet Archive yang berupaya memelihara arsip dari seluruh Web.
Cara kerja web
archiving:
a) Remote Harvesting
Merupakan cara yang plaing umum dalam
web archiving dengan menggunkana teknik web crawlers yang secara otomatis
melakukan proses pengumpulan halaman web.
b) On-Demand
Ada banyak layanan yang
dapat digunakan sebagai sumber archive web “on-demand”, menggunakan teknik web
crawling.
Contohnya seperti :
• Aleph Archives• Archive.is
• Archive-It
• Archivethe.net
• Iterasi
c) Database archiving
Databasa Archiving mengacu pada metode
untuk menarsipkan konten database-driven websites. Hal ini biasanya
memerlukan ekstraksi konten database ke standard schema, sering menggunakan
XML. Setelah disimpan dalam format standar, konten yang diarsipkan dari
beberapa databse dapat tersedia untuk diakses dengan menggunakan single access
system.
d) Transactional archiving
Sistem yang digunakan pada transactional
archiving biasanya beroperasi dengan memeriksa setiap permintaan HTTP dan
respon dari web server, menyaring setiap aktifitas untuk menghilangkan konten
yang duklikat dan secara permanen disimpan sebagai bitstreams. Sebuah sistem
transactional archiving membutuhkan instalasi perangkat lunak pada web server,
dan karena hal itu maka metode ini tidka dapat mengumpulkan konten dari remote
website.
E. Ekonomi Web
1. Iklan
Iklan merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan barangan, perkhidmatan, peluang pekerjaan, inspirasi dan maklumat kepada yang ingin disampaikan.
IKLAN TERHADAP PENGARUH EKONOMI :
• Iklan sebagai transaksi atau peristiwa yang ekonomi yang mampu mempengaruhi kehidupan ekonomi masyarakat.
• Iklan sebagai kegiatan jual beli (untuk menyampaikan pesan, pengiklan harus membayar media yang dipilih).
• Memberi keuntungan kepada agen iklan.
• Membuka lapangan kerja.
• Iklan menjaadi salah satu bidang bisnis yang menjanjikan.
• Industri periklanan menjadi salah satu pilihan kerja yang menjanjikan.
• Seiring dicanangkannya industri kreatif, iklan menjadi salah satu profesi bergengsi.
• Saat krisis ekonomi 1998, industri periklanan merupakan satu-satunya industri yang cepat keluar dari keterpurukan.
• Meningkatkan pemasaran produk.
2. Pencarian
Pencarian pada ekonomi web pada umunya adalah melalui penjualan online. Penjualan online adalah melakukan aktifitas penjualan dari mencari calon pembeli sampai menawarkan produk atau barang dengan memanfaatkan jaringan internet yang didukung dengan seperangkat alat elektronik sebagai penghubung dengan jaringan internet.
Pengaruhnya:
Kehadiran e-commerce yang terus berkembang lambat laun akan merubah kebiasaan bertransaksi sebagian masyarakat kita. Para produsen maupun konsumen akan terbiasa menjual maupun membeli produk dan jasa secara online ketimbang melangkahkan kaki ke outlet penjualan. Ruang dan waktu bukan lagi menjadi kendala. Sebuah perusahaan di Indonesia memiliki kesempatan yang sama dengan kalangan bisnis asing untuk menjalin kerjasama atau ingin mengakses pasar mancanegara.
Seseorang lebih mudah untuk mengembangkan usahanya seperti dengan menjual barang dan jasa via online. Banyak sekali situs yang menyediakan jual beli online. Salah satu yang terbesar adalah TokoBagus(dot)com. Dengan adanya Internet pula kita tidak perlu repot pergi untuk membeli barang yang kita butuhkan. Tinggal pesan saja melalui transaksi ataupun dengan cash.
Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi. Di masa depan, dampak perkembangan teknologi di dunia industri akan semakin penting. Tanda-tanda telah menunjukkan bahwa akan segera muncul teknologi bisnis yang memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera individu dapat dipenuhi.
3. Online Auctions
Online auction adalah mekanisme pasar dimana penjual menawarkan produk dan pembeli melakukan penawaran secara berurutan secara kompetitif hingga harga terakhir dicapai. Online auction menerapkan konsep dynamic pricing, yaitu harga yang berubah berdasarkan pada hubungan penawaran dan permintaan pada waktu tertentu.
Ada empat kategori utama dynamic pricing yaitu:
• Satu pembeli, satu penjual
• Satu penjual, banyak pembeli potensial
• Satu pembeli, banyak penjual potensial
• Banyak penjual, banyak pembeli
Manfaat dari Online Auction dibagi jadi 3 bagian, yaitu :
a. Manfaat Bagi Penjual :
• Meningkatkan pendapatan dengan memperluas pasar dan mempersingkat waktu
• Menetapkan harga optimal yang ditentukan oleh pasar
• Meningkatkan hubungan dan loyalitas pelanggan
b. Manfaat Bagi Pembeli :
• Kesempatan untuk menemukan barang unik
• Hiburan bagi pembeli
• Pembeli bisar menawar dari manapun, bahkan dengan telepon selular
c. Manfaat bagi Auctioner :
• Pembelian yang lebih tinggi.
• Pembeli cenderung untuk berkunjung lebih lama dan kembali lebih sering.
• Ekspansi bisnis lelang.
Kesimpulan
Dari penjelasan di atas kita dapat menyimpulkan bahwasan nya web itu sangatlah berarti untuk kita di zaman ini karena dengan adanya web kita dapat meng akses suatu jaringan dengan mudah.
Daftar Pustaka
https://3jihaderajad.wordpress.com/2016/04/29/web-dan-prilaku-penggunainteraksi-manusia-komputer/
https://zakyafdika.wordpress.com/2014/06/15/web-science-3/
http://antaandreas53.blogspot.co.id/2014/06/analisis-web-dan-ekonomi-web-tugas.html
http://adydiyuka25.blogdetik.com/2013/06/16/web-dan-perilaku-sosial/
https://kharismaabi.wordpress.com/2014/06/23/web-dan-perilaku-pengguna-interaksi-manusia-komputer/
Comments
Post a Comment